Tahu kah kamu: Alasan Mengapa Kita Menguap


Mengapa alasan kita menguap

Menguap selalu identik dgn mengantuk, meskipn kajian akademis punya jawaban yg lbh ilmiah soal ini.

Tim peneliti universitas binghamton menyimpulkan bahwa menguap ada hubungannya dengan suhu di otak kita, artinya, menguap berfungsi untuk 'melindungi' otak kita.
Analoginya sebagai berikt:
Otak kita bekerja seperti halnya komputer, nah, komputer bisa beroperasi dengan efisien bila tetap dingin. Karena itulah di butuhkan komponen seperti kipas.g heatsing, agar komputer tidak cepat panas dan berhenti bekerja.

Demikian juga kerja otak, pemanasan yg terjadi lwat aktiftas berfkir dan bergerak membuat suhu di otak meningkat tajam.

Menguap pun merupakan solusi umtk mengembalikan suhu yg stabil bg aktifitas otak itu sendiri. Menguap juga tampaknya menjadi bagian dari sbuah momen transisi dalam otak. Seperti misalnya pada periode sebelum tidur dan setelah bngun tidur.

Kondisi seperti multiple sclerosis (melibtkan disfungsi thermoregulatory), migrain dan kejan epilepsi ditengarai juga menjadi penyebab serangan menguap yg berlebihan.

Lantas, mengapa menguap begitu mudah menular?
Para peneliti tersebt menyakini kita serìng ikut menguap bila melihat orang lain lebih dulu menguap sebagai mekanisme otomatis dan terkait dengan sugesti. Studi menunjukan bahwa menguap juga menular mungkin terkait dengan kecenderungan ke arah empati; mencoba memahami sebuah berhubungan dengan orang lain. Diperkirakan, 55% orng akan menguap dalam waktu lima menit setelah melihat orang lain menguap.

Uniknya, Sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa anak2 dengan gangguan spektrum autisme tidak meningkatkan frekuensi menguap setelah melihat vidio orang lain menguap. Hal ini mendukung klaim bahwa penularan dalam menguap berhubungan dgn kapasitas empatik.
Menguap pada hewan.
pada hewan, menguap dapat berfungsi sebagai sinyal peringatan. charls Darwin, dalam bukunya The Expression of the Emotions in Man and Animals Menulis bahwa babon menguap untuk mengancam musuh2 mereka ( mungkin dgn menampilkan gigi taring besarnya) he:-D:-D.

Bisnis 100% Tanpa Modal
Posted by: WøΠkΠjøwø
Pilih Tampilan Pada:
Wordpress | MyWapblog

Komentar

Postingan populer dari blog ini

seo | search engine optimization

Cara download vidio di youtube dengan hp